Senin, 01 Maret 2010

PALANGKARAYA KANDIDAT KUAT CALON PENGGANTI IBU KOTA NEGARA ??

Kembali mencuatnya wacana tentang pemindahan Ibu Kota negara yaitu Jakarta ke kota Palangkaraya, tengah menjadi godokan ditengah-tengah kasus yang melanda negeri ini. Mengapa Palangkaraya ? kota yang berada di provinsi Kalimantan Tengah itu disebut-sebut kota yang paling ideal untuk menggantikan Jakarta sebagai Ibu Kota Negara.

Menurut Sekretaris Menteri PPN/Kepala Bappenas Syahrial Loetan “Belajar dari Brasil yang sukses memindahkan Ibu Kota Rio De Jeneiro ke Brazilia, Indonesia sebenarnya juga bisa memindahkan ibu kotanya.” Menurut beliau kembali, daerah paling memungkinkan sebagai tempat pemindahan ibu kota adalah Kalimantan, tepatnya Palangkaraya. Pulau Kalimantan memiliki kelayakan dan paling strategis dari segala penjuru Indonesia.

Kota Jakarta sudah sangat sesak seiring makin bertambahnya kaum urban yang memilih mengadu nasibnya di kota yang berjuluk “betawi” ini. Kota Jakarta juga sudah sangat sulit untuk berkembang lagi. Sebagai contoh saja, untuk menambah jalur atau ruas jalan raya saja harus mengorbankan banyak lahan milik masyarakat atau yang marak terjadi saat ini adalah menggusur rumah warga.
Fenomena ini terjadi karena Jakarta berangkat dari sebuah kampung dan menjelama menjadi kota megapolitan, jadi tidak terlalu banyak fasilitas yang mendukungnya. Menurut Syahrial kembali, jika ibu kota mau dipindahkan, jangan tanggung-tanggungdan harus ke pulau lain. “Pemindahan bisa dilakukan bertahap, misalnya dari departemen dulu. Namun, ini hanya bisa dilakukan dalam kerja jangka panjang,”tandasnya. Pemindahan ibu kota memang ideal sekaligus untuk memisahkan pusat pemerintahan dan bisnis. Ini sudah dilakukan oleh negara adidaya seperti Amerika Serikat dan Australia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar